Rabu, 09 Maret 2011

4 Aktivitas untuk Balita Anda Selain Nonton TV

Anak dapat belajar dan tumbuh setiap saat. Anak berusia 2 tahun hingga 5 tahun cenderung memiliki energi luar biasa untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain dan mulai belajar. Tetapi masalahnya, kadang orang tua bingung bagaimana merespon aktivitas buah hatinya ini dan terkadang membiarkan balita mereka menonton televisi. Padahal banyak aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan.

Trik seperti dikutip dari ehow ini dapat menjadi solusinya:


1. Melakukan Permainan
Ingin cara tepat dan praktis? Anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan dan edukatif seperti bermain jual-jualan dengannya. Simulasikan seperti sedang melakukan transaksi sesungguhnya. Ajarkan anak Anda berhitung sambil bermain.

2. Kegiatan outdoor

Cobalah untuk melakukan hal-hal di luar rumah bersama anak Anda. Seperti berjalan-jalan di taman atau lingkungan sekitar. Saat melakukan kegiatan itu, jangan lupa untuk memberitahunya jenis hewan dan tanaman yang Anda dan si kecil lihat. Sesampainya dirumah, Anda bisa biarkan ia menggunakan imajinasinya dengan menggambarkan jenis tanaman atau bunga yang tadi dilihatnya.

3. Kreativitas seni

Melatih kreativitas seni dapat dimulai sejak dini dengan beberapa aktivitas yang sederhana, seperti memberinya kertas gambar dan meminta anak untuk menggambar. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang dapat diperoleh di sekitar kita untuk membuat aneka ragam bentuk seperti robot atau istana. Bahan yang di perlukan adalah kardus, kertas, lem dan gunting. Si kecil akan senang melakukan aktivitasnya karena diberikan kesempatan untuk menunjukkan kreativitasnya kepada Anda.

4. Membaca
Luangkan waktu Anda untuk membaca bersama anak. Belilah buku bacaan yang memiliki cerita dan ilustrasi gambar menarik. Setelah itu, untuk mengujinya, apakah ia menikmati aktivitas tersebut, Anda dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar bacaan tersebut.

Jika memang anak sudah terlalu suka menonton televisi, sebaiknya mulailah membatasinya.

Sumber



0 komentar:

Posting Komentar